Haloo kali ini saya akan membahas kereta api jurusan Malang-Jakarta PP. Kenapa saya membahas hal ini karena kereta api merupakan transportasi andalan hampir semua orang, terutama bagi kalangan mahasiswa seperti saya yang akan hendak pulang ke daerah masing-masing terutama Jakarta. Berikut kereta api yang akan saya bahas.
1. KA Gajayana
![]() |
Interior KA Gajayana Rangkaian Baru Saat Ini
sumber : https://www.flickr.com/photos/danyrahmana/32375952642/
|
Jadwal KA Gajayana |

Interior KA Gajayana Rangkaian Tahun 2009
Foto : Dokumen Pribadi

Foto : Dokumen Pribadi
2. KA Bima
![]() |
KA Bima Berangkat Dari Stasiun Malang Foto : Dokumen Pribadi |
Kereta api Bima adalah kereta api kelas eksekutif yang
dioperasikan PT Kereta Api Indonesia (Persero) di Pulau Jawa dengan jurusan
Stasiun Gambir (GMR) - Stasiun Malang (ML) dan sebaliknya. Kereta
api Bima pertama kali diluncurkan pada tanggal 1 Juni 1967 mengawali sejarah
pengoperasian kereta api berpengatur suhu ruangan/ Air Conditioner bersistem
Modern pertama di Indonesia dengan pengoprasian awal sampai Stasiun Surabaya
Gubeng. Pada tanggal 6 Februari 2014 perjalanan KA Bima diperpanjang sampai
Stasiun Malang. Berbeda dengan KA Gajayana yang melewati
Blitar-Kediri-Kertosono. KA Bima melewati Sidoarjo-Surabaya-Mojokerto-Kertosono
tetapi dua kereta ini tetap melewati Yogyakarta-Purwokerto sampai dengan
Stasiun akhir Gambir, Jakarta. Waktu perjalanan kereta api Bima sedikit lebih
cepat dibanding dengan KA Gajayana sekitar 13,5-14,5 jam. Untuk fasilitas sendiri KA Bima menggunakan rangkaian yang sama dengan KA Gajayana yaitu rangkaian baru buatan tahun 2016-2017.
Berikut merupakan jadwal KA Bima
3. KA Majapahit
Kereta api Majapahit adalah kereta api penumpang
kelas Ekonomi AC Non Subsidi yang dimiliki dan dioperasikan PT Kereta Api Indonesia
yang melayani koridor Malang Kota Baru - Jakarta Pasar Senen melewati Semarang
Tawang dan sebaliknya.
Awalnya kereta api ini bernama Senja Kediri yang
diluncurkan sejak 5 Desember 2009 dengan rute Kediri - Semarang - Pasar Senen
menggunakan rangkaian kelas bisnis. Lalu pada tanggal 23 Desember 2009 rute
kereta ini diperpanjang hingga Kota Tulungagung dengan jadwal kedatangan pukul
06.15 di Tulungagung dan pada tanggal 1 Juli 2011 diperpanjang hingga Stasiun
Malang (dengan uji coba sejak 27 Juni 2011). Seiring dengan berlakunya Grafik
Perjalanan KA (Gapeka) 2011 yang efektif pada 1 Maret 2012, maka mulai tanggal
tersebut KA Senja Kediri berubah nama menjadi KA Senja Singosari. Nama
"Singosari" diambil dari nama Kerajaan Singhasari yang dulunya
berpusat di Malang. Kemudian pada tanggal 21 September 2012 KA Senja Singosari
resmi dihapus dan digantikan dengan KA Majapahit dengan nomor Gapeka 93L-94L.
KA
Majapahit diberangkatkan dari Stasiun Malang pukul 18.30 WIB dan dijadwalkan
tiba di Stasiun Pasar Senen keesokan harinya pada pukul 10.08 WIB. Sebaliknya,
kereta ini diberangkatkan dari Stasiun Pasar Senen pukul 18.15 WIB dan tiba di
Malang dengan jadwal pukul 10.05 WIB. Waktu tempuh KA Majapahit berkisar 15-16 jam.
Pangsa pasar kereta majapahit rata-rata
penumpang menengah dan mahasiswa, teruatama saat musim-musim liburan semester kereta ini
penuh dengan mahasiswa yang pulang ke kota masing-masing menuju Jakarta dan daerah lain
setelah melaksanakan study di
berbagai perguruan tinggi di Kota Malang. Fasilitas KA Majapahit terdapat ac central, kursi seat 2-2 berhadapapan, rak bagasi, speaker pemberitahuan, dan kereta makan. Tarif KA Majapahit beriksar Rp220.000,- sampai Rp275.000,- sedangkan saat musim libur bisa mencapai Rp360.000,- sampai Rp385.000,-
KA Majapahit Persiapan Berangkat Dari Stasiun Pasar Senen
Foto : Dokumen Pribadi
Jadwal KA Majapahit |
![]() |
KA Jayabaya Berangkat Stasiun Malang
Foto : Dokumen Pribadi
|
Interior KA Majapahit & Jayabaya
Foto Dokumen Pribadi
|
Kereta api Matarmaja adalah kereta api penumpang kelas
Ekonomi AC yang dimiliki dan dioperasikan PT Kereta Api Indonesia yang melayani
koridor Malang Kotabaru-Pasar Senen. Istilah Matarmaja merupakan singkatan dari
kota-kota yang dilalui oleh KA ini, yaitu Malang, Blitar, Madiun, dan Jakarta.
Awalnya, kereta api ini melayani rute Madiun-Jakarta, pp,
dengan nama kereta api Senja Maja. Atas permintaan pengguna jasa pada tahun
1983, relasi diperpanjang hingga Blitar, lalu Malang. Pada awalnya, rangkaian
kereta api Matarmaja berisi rangkaian ekonomi dan satu kereta bisnis, namun
kemudian diubah menjadi keseluruhannya rangkaian ekonomi.
Dalam pengoperasiannya, KA ini juga mengalami perubahan
jalur. Awalnya KA ini menjalani rute selatan (lewat Purwokerto dan Yogyakarta),
namun kemudian, demi mengisi kekosongan petak Semarang-Solo, KA ini akhirnya
dioperasikan lewat jalur utara (Pekalongan hingga Semarang) dan kemudian
berbelok ke jalur cabang arah Solo barulah kemudian menuju ke Malang.
Dengan harga tiket Rp110.000,00 flat dikarenakan
KA Matarmaja merupakan kereta api ekonomi bersubsidi. Waktu tempuh KA Matarmaja
merupakan yang paling lama untuk koridor Jakarta-Malang ditempuh dengan waktu
16,5 jam hal ini dikarenakan KA Matarmaja banyak berhenti di stasiun kecil
untuk menaik-turunkan penumpang ataupun menunggu bersilang dengan kereta lain. Fasilitas
KA Matarmaja terdapat AC Split,
kursi
2-3 berhadapan, toilet, dan kereta makan.
Jadwal KA Matarmaja
Daftar Pustaka ;
https://id.wikipedia.org/wiki/Kereta_api_Gajayana
https://id.wikipedia.org/wiki/Kereta_api_Bima
https://id.wikipedia.org/wiki/Kereta_api_Majapahit
https://id.wikipedia.org/wiki/Kereta_api_Jayabaya
https://id.wikipedia.org/wiki/Kereta_api_Matarmaja
Komentar
Posting Komentar