Langsung ke konten utama

Kereta Api Malang-Jakarta

Haloo kali ini saya akan membahas kereta api jurusan Malang-Jakarta PP. Kenapa saya membahas hal ini karena kereta api merupakan transportasi andalan hampir semua orang, terutama bagi kalangan mahasiswa seperti saya yang akan hendak pulang ke daerah masing-masing terutama Jakarta. Berikut kereta api yang akan saya bahas.

1. KA Gajayana

KA Gajayana Saat Masih Menggunakan Rangkaian Buatan Tahun 2009, Melintasi Kampung Jodipan, Malang
Foto : Dokumen Pribadi

Kereta api Gajayana adalah kereta api kelas eksekutif yang dioperasikan oleh PT Kereta Api Indonesia (Persero) di Pulau Jawa dengan jurusan Malang-Gambir, dan sebaliknya. Kereta api Gajayana diresmikan pengoperasiannya pada tanggal 28 Oktober 1999. Sempat dirangkaikan dengan kelas bisnis pada awal pengoperasiannya. Nama Gajayana berasal dari seorang raja dari Kerajaan Kanjuruhan yang bernama Sang Liswa (anak dari Dewa Shima) dan terkenal dengan gelar Gajayana yang sangat dicintai oleh para brahmana dan rakyatnya karena membawa ketenteraman di seluruh negeri.

KA Gajayana sering berganti-ganti rangkaian kereta, sejak pertama kali diluncurkan KA Gajayana menggunakan rangkaian campuran eksekutif-bisnis. barulah pada tahun 2001 KA Gajayana memakai rangkaian eksekutif karena mendapat rangkaian baru buatan PT INKA. Kemudian sejak Oktober 2008, rangkaian Gajayana diubah dari rangkaian buatan 2001 menjadi menggunakan kereta eksekutif retrofit (kaca lebar) dari PT INKA. Kereta ini adalah kereta eksekutif lama yang diretrofit menjadi baru. Pascalebaran 2009, rangkaian kereta api Gajayana diubah menjadi kereta berkaca pesawat (keluaran tahun 2009). Sejak tahun 2017 rangkaian kereta api Gajayana diganti menggunakan rangkaian baru buatan tahun 2017, sedangkan rangkaian lama tahun 2009 dipindah untuk Kereta Api Purwojaya.

Kereta Api Gajayan menempuh perjalanan sejauh 905 km melewati Malang-Blitar-Kediri-Madiun-Solo-Yogyakarta-Purwokerto-Cirebon-Jakarta Gambir. Jarak tersebut ditempuh dalam waktu 14-15 jam, memang KA Gajayana merupakan kereta api eksekutif dengan waktu tempuh paling lama, tetapi kita akan dimanjakan oleh pemandangan terutama, saat pagi untuk kereta dari jakarta dan sore kereta dari malang antara Stasiun Kediri sampai dengan Stasiun Kepanjen.

Penumpang KA Gajayana kebanyakan penumpang menengah keatas yang ingin melakukan perjalanan dengan nyaman dan ingin sampai di Jakarta tidak terlalu siang selain itu KA Gajayana menjadi pilihan beberapa keluarga yang hendak berwisata menuju Kota Malang. 

Fasilitas KA Gajayana terdapat toilet, 4 TV (depan-tengah-belakang), AC central, reclining seat, sandaran kaki, kereta makan, lampu baca, meja makan per kursi, stop-kontak per kursi, dan rak bagasi. Karena merupakan kereta lintas malam, tersedia pula bantal dan selimut di tiap kursi. Harga tiket KA Gajayana untuk Malang-Gambir PP berkisar antara Rp 435,000,- s.d Rp 600.000,- tergantung waktu keberangkatan.













Interior KA Gajayana Rangkaian Baru Saat Ini 

sumber : https://www.flickr.com/photos/danyrahmana/32375952642/
Jadwal KA Gajayana

Interior KA Gajayana Rangkaian Tahun 2009
Foto : Dokumen Pribadi


2. KA Bima

KA Bima Berangkat Dari Stasiun Malang
Foto : Dokumen Pribadi



Kereta api Bima adalah kereta api kelas eksekutif yang dioperasikan PT Kereta Api Indonesia (Persero) di Pulau Jawa dengan jurusan Stasiun Gambir (GMR) - Stasiun Malang (ML) dan sebaliknya. Kereta api Bima pertama kali diluncurkan pada tanggal 1 Juni 1967 mengawali sejarah pengoperasian kereta api berpengatur suhu ruangan/ Air Conditioner bersistem Modern pertama di Indonesia dengan pengoprasian awal sampai Stasiun Surabaya Gubeng. Pada tanggal 6 Februari 2014 perjalanan KA Bima diperpanjang sampai Stasiun Malang. Berbeda dengan KA Gajayana yang melewati Blitar-Kediri-Kertosono. KA Bima melewati Sidoarjo-Surabaya-Mojokerto-Kertosono tetapi dua kereta ini tetap melewati Yogyakarta-Purwokerto sampai dengan Stasiun akhir Gambir, Jakarta. Waktu perjalanan kereta api Bima sedikit lebih cepat dibanding dengan KA Gajayana sekitar 13,5-14,5 jam. Untuk fasilitas sendiri KA Bima menggunakan rangkaian yang sama dengan KA Gajayana yaitu rangkaian baru buatan tahun 2016-2017. 

Berikut merupakan jadwal KA Bima








3. KA Majapahit



Kereta api Majapahit adalah kereta api penumpang kelas Ekonomi AC Non Subsidi yang dimiliki dan dioperasikan PT Kereta Api Indonesia yang melayani koridor Malang Kota Baru - Jakarta Pasar Senen melewati Semarang Tawang dan sebaliknya. 



Awalnya kereta api ini bernama Senja Kediri yang diluncurkan sejak 5 Desember 2009 dengan rute Kediri - Semarang - Pasar Senen menggunakan rangkaian kelas bisnis. Lalu pada tanggal 23 Desember 2009 rute kereta ini diperpanjang hingga Kota Tulungagung dengan jadwal kedatangan pukul 06.15 di Tulungagung dan pada tanggal 1 Juli 2011 diperpanjang hingga Stasiun Malang (dengan uji coba sejak 27 Juni 2011). Seiring dengan berlakunya Grafik Perjalanan KA (Gapeka) 2011 yang efektif pada 1 Maret 2012, maka mulai tanggal tersebut KA Senja Kediri berubah nama menjadi KA Senja Singosari. Nama "Singosari" diambil dari nama Kerajaan Singhasari yang dulunya berpusat di Malang. Kemudian pada tanggal 21 September 2012 KA Senja Singosari resmi dihapus dan digantikan dengan KA Majapahit dengan nomor Gapeka 93L-94L. 

KA Majapahit diberangkatkan dari Stasiun Malang pukul 18.30 WIB dan dijadwalkan tiba di Stasiun Pasar Senen keesokan harinya pada pukul 10.08 WIB. Sebaliknya, kereta ini diberangkatkan dari Stasiun Pasar Senen pukul 18.15 WIB dan tiba di Malang dengan jadwal pukul 10.05 WIB. Waktu tempuh KA Majapahit berkisar 15-16 jam.

Pangsa pasar kereta majapahit rata-rata penumpang menengah dan mahasiswa, teruatama saat musim-musim liburan semester kereta ini penuh dengan mahasiswa yang pulang ke kota masing-masing menuju Jakarta dan daerah lain setelah melaksanakan study di berbagai perguruan tinggi di Kota Malang. Fasilitas KA Majapahit terdapat ac central, kursi seat 2-2 berhadapapan, rak bagasi, speaker pemberitahuan, dan kereta makan. Tarif KA Majapahit beriksar Rp220.000,- sampai Rp275.000,- sedangkan saat musim libur bisa mencapai Rp360.000,- sampai Rp385.000,-

KA Majapahit Persiapan Berangkat Dari Stasiun Pasar Senen
Foto : Dokumen Pribadi





Jadwal KA Majapahit
KA Jayabaya Berangkat Stasiun Malang

Foto : Dokumen Pribadi
Interior KA Majapahit & Jayabaya
Foto Dokumen Pribadi

KA Majapahit Berhenti di Stasiun Blitar
Foto : Dokumen Pribadi

4. KA Jayabaya


Kereta api Jayabaya merupakan kereta api penumpang kelas Ekonomi AC Non Subsidi yang dimiliki dan dioperasikan PT Kereta Api Indonesia pada tanggal 18 Oktober 2014 yang melayani koridor Malang Kota Baru - Jakarta Pasar Senen melewati Semarang Poncol dan sebaliknya. Berbeda dengan KA Majapahit yang melewati Blitar-Kertosono-Madiun-Solo-Semarang, KA Jayabaya melewati Sidoarjo-Surabaya Gubeng-Surabaya Pasar Turi-Bojonegoro-Semarang sehingga waktu perjalanan lebih cepat dibanding dengan kereta lain yang bertujuan Malang hal ini dikarenakan lintas Jakarta-Surabaya Pasar Turi sudah double track. Waktu yang ditempuh sekitar 13,5 jam. KA Jayabaya juga menjadi primadona para mahasiswa tetapi jam tiba kereta ini terlalu pagi terkadang hal itu juga kurang menjadi pilihan masyarakat umum, sedangkan fasilitas dan harga tiket sama dengan KA Majapahit

Jadwal KA Jayabaya



5. KA Matarmaja











KA Matarmaja Melintas Daerah Cakung, Jakarta Timur.
Foto : Dokumen Pribadi

Kereta api Matarmaja adalah kereta api penumpang kelas Ekonomi AC yang dimiliki dan dioperasikan PT Kereta Api Indonesia yang melayani koridor Malang Kotabaru-Pasar Senen. Istilah Matarmaja merupakan singkatan dari kota-kota yang dilalui oleh KA ini, yaitu Malang, Blitar, Madiun, dan Jakarta.

Awalnya, kereta api ini melayani rute Madiun-Jakarta, pp, dengan nama kereta api Senja Maja. Atas permintaan pengguna jasa pada tahun 1983, relasi diperpanjang hingga Blitar, lalu Malang. Pada awalnya, rangkaian kereta api Matarmaja berisi rangkaian ekonomi dan satu kereta bisnis, namun kemudian diubah menjadi keseluruhannya rangkaian ekonomi.

Dalam pengoperasiannya, KA ini juga mengalami perubahan jalur. Awalnya KA ini menjalani rute selatan (lewat Purwokerto dan Yogyakarta), namun kemudian, demi mengisi kekosongan petak Semarang-Solo, KA ini akhirnya dioperasikan lewat jalur utara (Pekalongan hingga Semarang) dan kemudian berbelok ke jalur cabang arah Solo barulah kemudian menuju ke Malang.

Dengan harga tiket Rp110.000,00 flat dikarenakan KA Matarmaja merupakan kereta api ekonomi bersubsidi. Waktu tempuh KA Matarmaja merupakan yang paling lama untuk koridor Jakarta-Malang ditempuh dengan waktu 16,5 jam hal ini dikarenakan KA Matarmaja banyak berhenti di stasiun kecil untuk menaik-turunkan penumpang ataupun menunggu bersilang dengan kereta lain. Fasilitas KA Matarmaja terdapat AC Split
kursi 2-3 berhadapan, toilet, dan kereta makan.

Jadwal KA Matarmaja


















































Daftar Pustaka ;
https://id.wikipedia.org/wiki/Kereta_api_Gajayana
https://id.wikipedia.org/wiki/Kereta_api_Bima
https://id.wikipedia.org/wiki/Kereta_api_Majapahit
https://id.wikipedia.org/wiki/Kereta_api_Jayabaya
https://id.wikipedia.org/wiki/Kereta_api_Matarmaja

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Distro Linux Xandros

Xandros mengacu pada nama distro Linux dan perusahaan (Xandros Corporation) yang membuatnya. Xandros Linux adalah sebuah distro Linux yang berdasarkan pada sistem KDE. Saat ini, Xandros telah mencapai versi 4. Nama Xandros diambil dari gabungan X Window System dan pulau Andros di Yunani. Didirikan bulan Mei 2001 oleh Linux Global Partners, perusahaan ini berkantor pusat di kota New York, Amerika Serikat. Distronya merupakan pengembangan dari Corel Linux, yang berbasis Debian, yang diakuisisi dari Corel Corporation pada bulan Agustus 2001 setelah Corel memutuskan meninggalkan pemasaran distro Linux. Xandros adalah salah satu pendiri Desktop Linux Consortium dan anggota Interop Vendor Alliance. Tampilannya sangat mirip dengan Microsoft Windows, jadi mudah dan nyaman dioperasikan terutama bagi para pemula. Pada bulan Juli 2007, Xandros membeli Scalix, produk email dan kolaborasi Linux berbasis HP OpenMail. Pada bulan Juli 2008, Xandros mengakuisisi Linspire. Kelebihan Xandros Linux a...

Perkembangan Mouse Komputer

Mouse adalah alat yang digunakan untuk memasukkan data ke dalam komputer selain keyboard. Mouse memperoleh nama demikian karena kabel yang menjulur berbentuk seperti ekor tikus.  Serta mempunyai sebuah fungsi utama yaitu menggerakkan kursor.  A. Sejarah Mouse Mouse pertama kali ditemukan pada tahun 1963, oleh seorang penemu Amerika dari Stanford Research Institute, bernama Dr. Douglas C. Engelbart. Mouse yang pertama merupakan sebuah perangkat yang sangat sederhana. Terbuat dari kayu, memiliki satu tombol kecil di sebelah kanan atasnya, kemudian memiliki dua roda besi kecil di dalamnya. Saat itu, alat ini diberinama resmi “X-Y position indicator for a display system” (Indikator posisi X-Y untuk sebuah system tampilan). Karena bentuknya yang memiliki kabel panjang, dan menyerupai seekor tikus, alat ini kemudian dipanggil “mouse” (Tikus). Kursor di layar pun sebenarnya mempunyai nama “bug” (serangga). Tapi nama ini tidak menjadi terlalu populer. Pada awalnya,...